Jumat, 22 April 2011

LEMBAH PALU


KOPERIDAG SIGI TERTIBKAN SEJUMLAH PASAR
Pasar di Sigi Belum Diserahkan
Sigi – Masih belum tertatanya sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Sigi, pihak Dinas Koperasi perdagangan industri (Koperindag) dan UMKM Kabupaten Sigi saat ini tengah melakukan penertiban, demikian kata Kadis Koperindag dan UMKM Sigi Frediksen D Djiloy pada Media Alkhairaat.
Penertiban itu kata Frediksen, baik menyangkut kondisi pasar itu sendiri maupun waktu pasar tersebut beraktifitas, dia mencontohkan di Kecamatan Kulawi mengenai waktu beraktifitas pasar di wilayah tersebut ada yang bersamaan hari pasarnya. Persoalan inilah yang perlu ditertibkan sehingga sejumlah pasar di Kecamatan itu tidak bertabrakan hari pasarnya.
“Hampir rata-rata pasar yang ada di Kabupaten Sigi ini beraktifitas hanya sekali bahkan ada yang dua kali dalam seminggu. Namun dalam satu kecamatan itu terkadang ada dua pasar yang melakukan aktifitas pada hari yang sama, inilah yang kita perlu atur sehingga masyarakat maupun para pedagang dalam aktifitasnya berjalan dengan baik,” katanya.
Dalam penertiban pasar pihak juga telah menghimbau sejumlah pedagang untuk tertib dalam melakukan aktifitasnya, seperti untuk tidak berdagang pada ruas jalan maupun hal lainnya sehingga tidak menghambat aktifitas pasar itu sendiri dalam transaksi.
Namun dalam hal ini kata mantan Sekretaris KPUD Sigi itu, hampir seluruh pasar yang ada di Kabupaten Sigi statusnya masih dalam pihak Pemkab Donggala, dan sampai saat ini sejumlah pasar itu belum ada penyerahan asset pasar secara penuh pada Pemkab Sigi. Sehingga Koperindag yang membawahi persoalan tersebut hanya bisa melakukan pengawasan saja. (Hady)      
 --------------------------------------------------------------------------------------------------

UN SELESAI
Berharap-Harap Cemas  
PALU - Sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Palu berharap bisa lulus dengan hasil yang memuaskan. Selama pelaksanaan ujian Nasional yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut siswa mengaku tidak mengalami kesulitan. Hal tersebut dikarenakan sebelumnya mereka telah melakukan berbagai persiapan jelang UN.
Dian Puspita Sari, siswi SMK 2 jurusan Administrasi Perkantoran mengatakan, sejak hari pertama hingga hari terakhir dirinya mengaku tidak mendapatkan hambatan dalam menyelesaikan UN. Meski soal ujiannya terasa agak sedikit susah tetapi bisa diselesaikan dengan waktu yang tersedia.
Menurut dia, Rabu kemarin merupakan hari terakhir pelaksanaan UN. Saat ini pihaknya tinggal menunggu hasil pengumuman, karena tahun ini tidak lagi ada pengulangan UN bagi siswa yang tidak lulus.
“Alhamdulilah semua sudah selesai. Soalnya susah-susah gampang, Saya berharap bisa lulus dengan hasil yang memuaskan. Saya yakin Insya Allah saya lulus,karena selama UN saya bisa mengerjakan soal-soal yang ada,”ujar Dian.
Senada dengan itu Nia Siswi jurusan Perdagangan SMK 2 Palu mengatakan, dirinya merasa terharu, karena  tak terasa dirinya sudah menyelesaikan masa pembelajaran selama tiga tahun mengenyam pendidikan di bangku SMK meski belum ada pengumuman. Dirinya berharap bisa lulus dengan hasil yang baik.
Wakasek bidang Kehumasan SMK 2 Palu Faxluddin AM mengatakan, selama tiga hari pelaksanaan UN di SMKN 2 Palu berjalan dengan tertib dan aman. Dari 328 siswa SMK 2 yang mengikuti UN 1 siswa yang absen atas nama Noval jurusan Administrasi Perkantoran karena sakit. Namun pihaknya tetap akan mengikutkan pada ujian mengulang sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Panitia UN.
Dalam kelulusan tahun 2011 pihaknya berharap SMK 2 Palu bisa lulus 100 persen. Tahun sebelumnya 2010 SMK 2 meraih prosentase kelulusan 98 persen.

Pantau UN
Komisi I DPRD Kota Palu memantau Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Palu dan SMKN 1 untuk melihat pelaksanaan ujian nasional (UN). Dalam pemantauan kemarin, hanya  dipimpin oleh Sekretaris Komisi I Harjun Hi Arubamba didampingi oleh Ernawati dan Hj Zulfikar Lamakarate, sementara Ketua Komisi I Danawira Asri dan anggota Komisi I lainnya tak menampakkan diri.
Menurut Harjun, inisiatif dirinya dan Ernawati serta Hj Zulfikar untuk memastikan bahwa pelaksanaan UN berjalan dengan lancer.  Apalagi SMAN 5 Palu sebagai salah satu sekolah RSBI di Kota Palu yang berada di pinggiran Kota.

UN di Sigi Lancar
Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kabupaten Sigi juga berlangsung lancar. Bahkan belum ada laporan pelanggaran dari pihak sekolah penyelenggara baik dari siswa sebagai peserta UN dan keluhan mengenai soal UN itu sendiri. Demikian kata Gusman salah satu panitia UN Dikdas Kabupaten Sigi, Selasa (19/04).
Lanjut Gusman, Dikdas Kabupaten Sigi optimis hasil yang diraih oleh siswa bisa mencapai target 90 persen, sebab tahun lalu hasil kelulusan siswa Kabupaten Sigi cukup menghawatirkan dengan nilai kelulusan 37 persen. (Irma-Hamsing-hady)
---------------------------------------------------------------------------------------

Perempuan Harus Berperan Mengisi Pembangunan
PALU - Setiap tahunnya di bulan April, Bangsa Indonesia memperingati hari bersejarah yaitu Hari lahirnya Raden Ajeng Kartini, pejuangan hak-hak perempuan Indonesia. Memaknai hari lahirnya Kartini, Hj Vera Mastura SSos MSi berharap, perempuan dapat terus berkarya mengisi pembangunan.
Vera, yang juga istri Walikota Palu H Rusdy Mastura ini menegaskan, dalam menjalankan fungsi gandanya, seorang perempuan di jaman modern ini  harus benar-benar menjadi dirinya sendiri dalam setiap aktivitasnya. Kata Vera, apapun kondisi dan persoalannya, seorang peremuan harus memiliki peran dan fungsi yang sama dengan kaum pria. Khususnya yang berkaitan dengan partisipasi dalam mengisi pembangunan.
Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah ini mengatakan, dalam konteks memperingati Hari Kartini seorang perempuan harus benar-benar mampu memposisikan dan mengkondisikan diri dalam percaturan dan kiprah pembangunan dalam segala bidang. Khususnya yang berkaitan dengan pembangunan mental dan moral serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).
Perempuan tidak semata-mata hanya mampu mengurusi urusan keluarga saja. Namun, perempuan pun dapat berperan dalam pembangunan,” kata Vera.
Vera menegaskan, perempuan jangan mudah menyerah pada keadaan. Harus terus berusaha, serta berjuang untuk mencapai keberhasilan, tanpa ada rasa malu maupun terkucilkan.
“Selama kita dapat berbuat bagi keluarga, terutama bermanfaat bagi masyarakat luas, lakukanlah, berjuanglah dan janganlah mudah menyerah serta pasrah pada kehidupan kita saat ini,” tegasnya.
Berkaitan dengan kiprahnya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palu, Vera menekankan kepada seluruh anggota PKK, agar menempatkan diri sebagai dinamisator dan motivator bagi suami untuk bekerja secara maksimal, bertanggung jawab dan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) yang digariskan. Anggota PKK kata Vera, harus memiliki kemampuan dan keberanian serta ketulusan dalam mendukung pembangunan dalam berbagai bidang, termasuk pembangunan kaumnya. (Irma)
---------------------------------------------------------------------------------------------------------

HARI INI
Sejumlah Pejabat Pemkot Dilantik
PALU - Setelah lama menjadi buah bibir, rencana mutasi dan pelantikan sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah kota Palu akhirnya dilaksanakan. Hari ini walikota Palu Rusdy Mastura akan melantik dan mengambil sumpah sejumlah nama yang masuk dalam kabinet kepemimpinan Rsudy Mastura yang kedua kalinya.
Mutasi dan pelantikan pejabat kali ini berasal dari eselon II, III dan IV. Selain menduduki jabatan baru, ada juga pejabat yang memasuki masa pension seperti Asisten II Darmawangsa.
Kepala BKD Kota Palu Hayati Muhammad SE mengatakan, pelantikan yang berlangsung Kamis 21/4 hari ini hanya mutasi di lingkungan pejabat Pemkot.
Puluhan pejabat dieselon II, III dan IV akan dilantik oleh walikota Palu Rusdy Mastura di auditorium kantor Walikota Palu.
“Pelantikan ini hanya mutasi saja. Tidak ada promosi pejabat promosi dalam pelantikan hari ini. Pejabat eseloan II yang akan dilantik sekitar 8-12 orang. Saya tidak bisa membocorkan nama-nama pejabat yang akan dilantik. Itu bukan kewenangan saya,” ujar Hayati.
Kabag Infokom dan Protokol Kantor walikota Palu Irmayanti Pettalolo membenarkan adanya pelantikan yang akan berlangsung hari ini. Selain pejabat struktural, pihaknya juga akan melakukan pelantikan kepada pejabat fungsional.
“Saya kurang ketahui jumlah pejabat yang akan dilantik. Tetapi yang akan dilantik adalah pejabat eselon II,III,IV, kepala kelurahan, kepala kecamatan dan kepala sekolah. Termasuk pengganti kekosongan jabatan kepala sekolah SMP Negeri 1 yang segera harus diisi,” ujar Irmayanti. (Irma)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar