Selasa, 19 April 2011

BERITA UTAMA


TERKAIT PEMBANGUNAN GEDUNG BIRO PERLUM
Sekprov Gelar Rapat dengan SKPD
PALU-Terkait lambatnya pembangunan bekas kantor Biro Perlengkapan Umum (Perlum) dan sejumlah masalah di internal Pemerintah Provinsi Sulteng, Sekretaris Daerah (Sekprov) Sulteng, Rais Lamangkona, mengaku akan menggelar rapat bersama sejumlah SKPD.
Menurutnya, banyak masalah selama ini di Pemprov, belum dikomunikasikan langsung terpublis di media. Nanti setelah masalah itu terpublikasi, baru pihaknya mengetahuinya.
“Selama ini info kami dapat bukan dari internal, hanya melalui media. Ini perlu kami antisipasi, jangan sampai terjadi polemik, padahal infonya belum tentu benar,” katanya.
Ia juga mengakui, belum tentu ia bisa mengcover semua masalah di internal pemprov, namun sedikit banyak harus ia ketahui.
“Saya akan mengundang semua kepala SKPD, untuk membicarakan masalah-masalah yang terjadi, dalam waktu dekat.biar informasi yang beredar benar adanya,” tambahnya.
Ia menampik ketika ditanya apakah akan melakukan system informasi 1 pintu. Menurutnya, upaya itu hanya meminimalisir polemik yang bisa jadi berkembang melalui media.
Menurutnya, semua pejabat bisa bicara, asal sesuai dengan data dan fakta yang ada. Hal yang sama juga ia harapkan kepada wartawan, agar bisa memberitakan informasi yang benar.
Ketika ditanya tentang masalah pembangunan bekas kantor Perlum yang terbakar pada tahun 2008 tersebut, ia mengaku belum mengetahui banyak. Ia enggan berkomentar nantinya informasi yang ia berikan salah.
“Masalah ini kan muncul ketika staf kami dipanggil jaksa,” katanya.
Seperti diberitakan sebelumnya, Penyidik Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah memeriksa Mantan Kepala Biro Perlengkapan Umum (Perlum) Yuliansyah di Palu, Selasa lalu. Pemeriksaan ini terkait pengusutan Rehabilitasi Gedung Kantor Biro Perlengkapan Umum (Perlum) Sulteng di Jalan Samratulangi, Palu Timur.
Dalam pengusutan itu penyidik mensinyalir telah terjadi penyimpangan, karena telah dianggarkan dana sebesar Rp3 miliar, namun belum dilakukan pembangunan. Padahal diketahui dalam perencanaan pembangunan telah dialokasikan dana dari APBD tahun 2008.
Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPKK) Biro Perlum, yang tak mau namanya dikorankan kepada media ini menyebutkan, tahun 2008 telah ada anggaran sebesar Rp3 miliar lebih untuk rehabilitasi bangunan tersebut. Untuk tahap awal kata dia, anggaran dikeluarkan sebesar Rp800 juta lebih, untuk keperluan pengujian laboratorium atas kondisi fisik bangunan.
“Rp800 juta lebih itu hanya untuk anggaran uji laboratorium dan perencanaan. Uji laboratorium menghabiskan dana sebesar Rp148 juta lebih, sisanya untuk perencanaan. Namanya bangunan lama, makanya harus diuji teknis dulu, apa masih layak untuk direhab atau harus dibangun baru lagi,” katanya.
Lebih lanjut ia mengatakan, pada tahun 2008 proses tender tidak bisa dijalankan karena terkendala jadwal. “Tahun 2009 itu tidak ada dalam DPA, jadi tidak ada proses tender,” katanya. Tahun 2010, situasinya juga sama dengan tahun 2008. Tahun ini, rencana tender dilaksanakan triwulan 1, namun belum pasti karena dihitung ulang konstruksi pembangunannya. (NANANG LP/SAHRIL)
---------------------------------------------------------------------

PASCA PENETAPAN
Longki`S Kunjungi Graha KNPI
PALU – Silaturahim Gubernur terpilih, Longki Djanggola – Sudarto  (Longki’S) di Graha KNPI dilakukan sesaat setelah penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng bertempat di Swis Belhotel, Senin (18/4) kemarin.
Pertemuan dengan DPD- KNPI Sulteng, OKP se-Sulteng, DPK-KNPI kab/kota ini bertema Meretas Harapan Baru Pemuda Sebagai Penopang Pembangunan Daerah Sulteng.
“Saya terharu saat Ketua KNPI Sulteng meminta untuk bertatap muka pasca penetapan. Betapa ini menurut saya masih sangat dini, masih perlu kewaspadaan adanya kerikil dalam sisa perjuangan kita selama ini,” tutur Longki sembari mengusap matanya.
“KNPI yang menjadi harapan baru bagi pemuda Sulteng, KNPI merupakan wadah bagi kaum muda untuk bersama-sama membangun Sulteng menjadi lebih maju dan berkembang,” imbuh Longki.
Dalam tatap muka tersebut, Longki siap memberikan ruang bagi pemuda untuk membangun Sulteng menjadilebih baik kedepan. Dukungan Gubernur terpilih yang mendapat suara terbanyak itu terhadap pemuda dikarenakan tertuang dalam salah satu misinya yaitu pemberdayaan pemuda.
Proses demokrasi yang begitu dijunjung tinggi oleh KNPI cukup membanggakan, namun begitu Longki berharap kedepan dalam kerja-kerja KNPI melibatkan OKP-OKP untuk bersama-sama bekerja serta membawa serta OKP agar maju berkembang.
“Banyak hal yang saya harapkan dari para pemuda ini, saya berharap para pemuda mampu meminimalisir jumlah pengangguran dengan berbagai program yang bisa digerakkan tentunya dengan dukungan kita semua. Kita harus menciptakan pemuda-pemuda yang handal, berkualitas serta peka terhadap perkembangan situasi,” tutup Longki. (EGA)
-------------------------------------------------------------------------------------

SKIP FM
Mendunia Lewat Udara
PALU – Menginjak usia ke-4, Radio SKIP 94.3 FM yang telah mengantongi Ijin Resmi Prinsip Siaran dari Menkominfo,Tifatul Sembiring ini dapat didengarkan lewat frequensi 94.3 Mhz dengan wilayah jangkauan siaran dari Kota Palu, Donggala, sebagian Parigi dan Pantai Barat. Bahkan pada 2008 lalu, Radio SKIP FM juga telah dapat didengarkan diseluruh dunia lewat fasilitas live streaming www.skipfm.co.id.
Radio SKIP FM juga mempunyai Divisi Event Off Air yaitu Event Organziser SKIP FM Production yang telah mendatangkan puluhan artis Nasional maupun event -event Nasional. Dengan Total Penyiar 23 orang Radio SKIP FM sementara ini menjadi radio dengan penyiar terbanyak di Sulawesi.
“Selain itu pada tahun 2009 kami mendapat peringkat teratas pooling salah satu group media terbesar di Indonesia sebagai radio terbanyak pendengar di Sulawesi Tengah dan radio anak muda terfavorit di Sulawesi Tengah,” ujar General Manager SKIP FM, Samuel Sumakul, Senin (18/4).
Tema perayaan hari jadi SKIP FM kali ini dipilih Thema “Radio 4 Inspiration” selain memperkuat ulang tahun ke 4 kalimat, “Radio 4 Inspiration” mengajak pendengar radio SKIP FM agar bisa mendapat inspirasi positif dari mendengarkan Radio SKIP FM.
Dengan berbagai rangkaian acara seperti siaran langsung diatas langit Kota Palu menggunakan paralayang dan sempat mendapat perhatian masyarakat Kota Palu yang menyempatkan diri tadi pagi melihat ke atas langit Kota Palu menyaksikan station udara bergerak Radio SKIP FM.
“Istimewanya di ulang tahun kali ini, kami mengundang semua radio yang ada di Kota Palu untuk kolaborasi siaran mewakili radio masing masing hal ini sekaligus menghilangkan kesan bahwa Radio SKIP FM terkesan eksklusive dan tertutup dengan radio lain,” singkat Sammy, sapaan Samuel SUmakul.
Selain itu ada juga lomba photo facebook dengan thema “Radio 4 Inspiration” yang diikuti oleh para pendengar radio SKIP FM. Dan berbagai aksi sosial dalam rangka menyukseskanProgram Palu Green & Clean” crew radio SKIP 94.3 FM dan sebagian pendengar melakukan aksi clean up beach di Kawasan Pantai Talise. (EGA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar