Selasa, 10 Mei 2011

LINTAS EKONOMI


Kadin Dorong Kontraktor Diversifikasi Usaha
PALU - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tengah terus berusaha mendorong para kontraktor di daerahnya, untuk melakukan diversifikasi usaha, khususnya di sektor ril agar tercipta lapangan usaha baru bagi masyarakat.
Wakil Ketua Kadin Sulawesi Tengah, Hardy D Yambas, kepada media ini akhir pekan lalu mengatakan, selama ini para kontraktor memacu usahanya hanya satu jenis saja, padahal masih banyak peluang investasi di sektor ril, seperti perkebunan dan pertanian yang belum disentuh.
“Para kontraktor kita ini tidak sedikit yang berduit. Kalau mereka mau melirik sector perkebunan dan pertanian, ini akan menambah lapangan kerja baru bagi masyarakat," katanya.
Kata dia, dari sejumlah pengusaha di Sulteng, hanya sedikit yang berpikir membuka usaha lain.
Menurut Hardy, untuk melakukan diversifikasi, perlu adanya semacam konsorsium yang mengakomodasi para kontraktor. Bagi pengusaha yang sudah meimilki modal lebih, perlu melakukan ekspasi ke bisang usaha lain, sehingga sector lain juga bergairah.
Selain itu, kata dia juga dibutuhkan peran dari pemerintah daerah, sebagai usaha untuk membangun sinergitas antara kalangan pengusaha dan pemerintah dalam hal kebijakan program pembangunan.
"Pemprov harus fokus kepada komoditas tertentu. Misalnya fokus di sektor perkebunan kakao dan sawit. Kebijakan dan kebijakan pemerintah kita butuhkan dalam memberikan peluang investasi di dua sektor itu," tegasnya.
Dengan terpilihnya Longki Djanggola/Sudarto sebagai gubernur Sulteng periode 2011-1016, ia berharap bisa membawa nuansa baru bagi iklum usaha di Sulteng.
"Sudah ada beberapa contoh, seperti pak Murad Husain, dulu adalah kontraktor untuk pembangunan jalan, sekarang sudah bergerak ke perkebunan sawit," katanya.
Lebih lanjut ia mengatakan, di sektor ril tantangan usahanya cukup besar, sebab hubungannya langsung dengan pasar, dan hanya sedikit pengusaha (kontraktor-red) yang bisa bermain di ranah itu.  (SAHRIL)
----------------------------------------------------------------------------

MESIN PEMBANGKIT STABIL
PLN Targetkan Operasi 24 Jam
MOROWALI- Kondisi kelistrikan di Kota Bungku,Kabupaten Morowali yang sempat kritis selama hampir dua pekan,kini kembali normal.Empat unit mesin pembangkit yang sebelumnya mengalami kerusakan sudah diperbaiki dan kini telah beroperasi kembali.PLN Cabang Bungku bahkan kini menambah jam operasinya  menjadi 18 jam. PLN Cabang Bungku menargetkan bulan ini,listrik di kota Bungku beroperasi selama 24 jam.
Kepala Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Bungku Mahfud yang dikonfirmasi via telepon selulernya Jumat (6/5)lalu  mengatakan, kondisi kelistrikan di kota Bungku sejak beberapa hari lalu sudah normal dan tidak ada lagi pemadaman bergilir.Empat unit mesin yang sebelumnya dilaporkan mengalami kerusakan,kata dia,sudah bagus dan kini beroperasi kembali. Karenanya,ia berharap masyarakat tidak perlu resah lagi karena listrik sudah normal dan tidak ada lagi pemadaman bergilir.Dan tentunya diharapkan seterusnya normal dan tidak ada gangguan lagi.
Lebih jelas Mahfud,seiring beroperasinya kembali empat unit mesin pembangkit yang sebelumnya rusak,pihaknya kini bahkan menambah jam operasi listrik.Jika sebelumnya jam operasi hanya 15 jam maka saat ini ditambah  menjadi 18 jam.Dengan demikian,pihaknya tinggal menambah enam jam operasi untuk membuat listrik di kota Bungku menjadi normal 100 persen.Mahfud mengupayakan listrik di Kota Bungku  bisa beroperasi selama 24 jam dalam waktu dekat.
‘’Karenanya saya minta kepada masyarakat Kota Bungku untuk bersabar.Kita tentu semuanya mau listrik di daerah ini normal dan bisa beroperasi siang malam seperti halnya di daerah lain.Hanya memang itu butuh waktu.Tapi kita usahakan agar secepatnya bisa merealisasikan target operasi 24 jam itu,’’kuncinya.
Beberapa pekan lalu,warga Kota Bungku diresahkan dengan terjadinya krisis listrik yang berbuntut pemadaman secara bergilir.Buntut dari pemadaman ini,ratusan warga kesal dan  mendatangi dan melempari kantor PLN Cabang Bungku di Kelurahan Marsaoleh,kecamatan Bungku Tengah.Beruntung,tidak ada kerusakan berarti dan korban jiwa dalam aksi massa ini.Pihak PLN Bungku sendiri berdalih kalau pemadaman bergilir terpaksa dilakukan setelah empat dari enam unit mesin pembangkt yang dimilikinya mengalami kerusakan.(HARIS)
------------------------------------------------------------------------------

Merpati Janji Operasi Tiap Hari
POSO - Direktur Niaga PT Merpati Air Lines, Toni Aulia Ahmad mengatakan, pihaknya bangga dengan besarnya animo masyarakat Poso termasuk Ampana dan Morowali dalam memanfaatkan jasa penerbangan pesawat merpati di bandara Kasiguncu. ‘’Kami bersyukur atas kepercayaan masyarakat terhadap kami,’’ katanya pada acara syukuran penerbangan perdana pesawat merpati di bandara Kasiguncu, pekan lalu.
Toni Aulia mengatakan, pihaknya sampai-sampai mengganti pesawat yang lebih besar lagi yakni kapasitas 54 kursi, karena  besarnya animo masyarakat menggunakan jasa penerbangan merpati di Bandara Kasiguncu Poso.
Menurutnya, pihaknya akan terus memantau perkembangan kedepan. Jika memang penumpang di Bandara Kasiguncu ini semakin hari semakin bartambah, tidak menutup kemungkinan, pesawat akan beroperasi setiap hari.
‘’Sekarang kan masih dijadwalkan tiga kali dalam sepekan. Kalau penumpan terus bertambah, pesawat akan dioperasikan tiap hari,’’ janjinya.
Masih menurut Toni, Kabupaten Poso sekarang ini semakin mengalami kemajuan. Ia berharap seiring dengan beroperasinya kembali pesawat merpati di bandara Kasiguncu akan menarik minat para investor untuk datang di Poso menanamkan modalnya. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Poso akan lebih meningkat pula.
Ia mengajak putra putri yang berada di kabupaten Poso untuk mendaftarkan diri bergabung menjadi pramugara/pramugari merpati. Saat ini katanya, pihaknya sedang membuka penerimaan pramugara/pramugari.
Wakil Bupati (Wabup) Poso, T Samsuri dalam kesempatan itu berterima kasih pada pihak PT Merpati yang mengoperasikan kembali pesawatnya dengan rute Makasar – Poso sebaliknya Poso – Makasar. ‘’Semua pejabat Poso yang akan keluar daerah akan berangkat dengan pesawat merpati di bandara Kasiguncu ini. Termasuk saya sendiri akan berangkat dari sini,’’ janjinya.(IWAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar